Selamat Datang di Laman Lentera Kehidupan

Selamat Datang di Laman Lentera Kehidupan

MEMBANGUN TIM DALAM BISNIS

 

Oleh: Khairul Azan

 “… dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.” (Al-Maidah ayat 2)

 Alhamdulillah saya dikelilingi oleh para pebisnis yang baik hati dan rata-rata sudah sukses dalam bisnisnya. Mereka tidak pelit berbagi ilmu bagaimana mengembangkan bisnis.

Berada di lingkungan orang-orang yang bergelut dalam dunia bisnis, maka kita juga akan terkontaminasi untuk mengikuti jejaknya. Sebagaimana halnya saya yang saat ini mulai merintis beberapa bisnis, sedikit banyak memang dipengaruhi oleh teman-teman. Benar kata Rasulullah Saw. dalam sabdanya “Seseorang yang duduk (berteman) dengan orang saleh dan orang yang buruk, bagaikan berteman dengan pemilik minyak wangi dan pandai besi. Pemilik minyak wangi tidak akan merugikanmu, engkau bisa membeli (minyak wangi) darinya atau minimal engkau mendapat baunya. Adapun berteman dengan pandai besi, jika engkau tidak mendapati badan atau pakaianmu hangus terbakar, minimal engkau mendapat baunya yang tidak sedap.” (HR. Imam Bukhari).

Berbicara lingkungan bisnis, ada satu kalimat motivasi yang saya dapatkan dari seorang teman, dia juga bergerak dalam sektor swasta dengan beberapa perusahaan yang berhasil ia kembangkan. Kurang lebih kalimatnya seperti ini “Jika ingin binismu besar, maka rekrutlah beberapa karyawan. Jangan kamu kerjakan sendiri semuanya.”

Kalimat di atas memberikan makna bahwa agar bisnis bisa berkembang besar memang tidak terlepas dari kerja tim. Kita tidak bisa mengerjakan semuanya dengan dalih ingin untung besar dan takut gaji karyawan tidak mampu kita bayar. Memang betul bertambahnya karyawan akan membengkakkan pengeluaran, tapi berapa keuntungan yang juga kita dapatkan dari hadirnya mereka sebagai tim kita.

Membangun tim dalam bisnis layaknya membangun sebuah rumah. Rumah akan cepat diselesaikan kalau banyak personil yang mengerjakan. Hadirnya tim kerja akan membuat waktu lebih efisien dan capaian kerja bisa melebihi target. Begitu juga dalam berbisnis, visi perusahaan akan diraih dengan adanya tim. Saling topang menopang bagaimana visi bisa dicapai dengan ide-ide yang beragam dan semangat yang tinggi. Selain itu, dengan merekrut tim kita juga membuka peluang kerja bagi mereka yang membutuhkan. Kita tidak hanya bertindak sebagai orang yang hanya mencari pekerjaan tapi bisa menciptakan. Itu semua juga rumus dalam kehidupan.

“Bisnis yang besar dilahirkan dari tim yang besar.”

 Sumber gambar: mutupendidikan.com

No comments

Powered by Blogger.