Selamat Datang di Laman Lentera Kehidupan

Selamat Datang di Laman Lentera Kehidupan

MENJADI BOS UNTUK BISNISMU



Oleh: Khairul Azan

“Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan) duniawi.” (Al-Qashash ayat 77)

Segala sesuatunya memang tidak ada yang instan. Harus melalui proses, karena dengan proses kita akan belajar banyak hal. Lalu apa hubungannya dengan judul tulisan ini “menjadi bos untuk bisnismu”.

Yuk kita urai. Keinginan untuk menjadi bos harus tertanam dalam diri setiap pebisnis, menjadi bos dalam hal ini bukan tertuju pada sikap dan gaya hidup yang negatif (sok-sokan, angkuh, dan lain-lain), namun lebih mengarah pada pola pikir.

Jika hari ini Anda seorang pekerja di suatu perusahaan, maka bekerjalah dengan totalitas dan belajarlah dari setiap pekerjaan yang dilakukan. Namun, jangan berpikir selamanya untuk tetap bekerja di perusahaan tersebut. Jika ingin membesarkan diri, maka pola pikir harus diubah. Berpikirlah suatu saat akan menjadi bos untuk bisnismu sendiri.

Sambil bekerja mulailah merintis bisnismu. Belajar dari pekerjaan yang sedang Anda jalani lalu aplikasikan dalam bisnis yang dirintis. Menjadi bos bukan persoalan ingin menjadi orang yang duduk di atas saja dan memimpin beberapa karyawan, jika ini yang dikejar maka Anda juga punya kesempatan untuk menjadi bos ditempat anda bekerja. Tapi bos untuk bisnis orang lain.

Menjadi bos untuk bisnismu memiliki kepuasan dan tantangan tersendiri. Diantaranya adalah Anda telah membuka lapangan kerja baru untuk orang lain. Dengan begitu anda telah membantunya. Selain itu, tantangannya adalah Anda akan terjun bebas untuk mengenal dunia bisnis sesungguhnya, suka dan duka akan dilalui untuk terus tumbuh.

“Jangan selalu berpikir untuk mencari pekerjaan. Tapi sesekali berpikirlah untuk menciptakan lapangan pekerjaan.”

Sumber gambar: kompasiana.com

No comments

Powered by Blogger.