Selamat Datang di Laman Lentera Kehidupan

Selamat Datang di Laman Lentera Kehidupan

MEMBANGUN RELASI

 


Oleh: Khairul Azan

Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan Bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergukan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungagn silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (An-Nisa ayat 1)

Manusia adalah makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, maka kita pasti membutuhkan orang lain. Begitu juga dalam berbisnis. Sebaik apapun strategi yang buat, tanpa orang lain, maka strategi tersebut juga tidak akan bisa mencapai visi perusahaan.

Membangun relasi menjadi hal penting agar bisnis yang sedang dirintis bisa tumbuh dan berkembang. Relasi bisnis akan menjadi pondasi agar bisnis bertahan untuk jangka panjang. Banyak manfaat yang bisa diperolah ketika relasi telah terbangun, mulai dari hubungan kerja, berbagi ilmu dalam berbisnis, terbukanya pasar yang lebih luas dan penopang pembiyaan perusahaan.

Ada bebera upaya yang bisa dilakukan agar relasi terbangun, diantaranya adalah:

Menentukan terget dan memulai komunikasi

Sebelum memulai komunikasi tentunya kita menentukan target terlebih dahulu, pihak-pihak mana yang dianggap memberikan pengaruh. Tentukan target sebanyak mungkin meskipun tidak sama dengan bisnis yang kita jalani. Kerena bisa jadi melalui mereka pasar kita semakin luas dan ilmu-llmu dalam berbisnis semakin bertambah. Setelah target telah ditentukan, maka mulailah berkomunikasi. Dalam berkomunikasi sebisa mungkin sampaikan secara detil tentang identitas bisnis yang kita jalani. Jalinlah komunikasi seefektif mungkin.

Posisikan relasi sebagai pihak penting

Relasi adalah teman berbagi agar sama-sama tumbuh dalam budaya yang positif. Oleh karena itu, posisikan relasi sebagai orang penting dan layani secara baik. Karena suatu saat tidak menutup kemungkinan relasi tersebut akan memberikan solusi terkait permasalahan-permasalahan bisnis yang kita hadapi.

Menjaga relasi

Ketika hubungan baik sudah terbentuk, maka jaga hubungan tersebut. Jadikan relasi untuk saling membesarkan bisnis. Kita juga bisa membantu relasi ketika mereka mendapat masalah.

Posisikan diri layaknya gelas kosong

Kita harus banyak belajar dan mendengar. Seorang pembisnis sejati tak berhenti untuk belajar. Oleh karena itu, ketika berkomunikasi dengan relasi, selalu posisikan diri seperti gelas kosong, agar gelas kita penuh akan ilmu dan pengalaman dari rekan-rekan bisnis yang terjalin.

“Relasi dalam bisnis layaknya rantai sepeda yang terangkai, saling menguatkan untuk mencapai satu tujuan”


Sumber gambar: Google

No comments

Powered by Blogger.