Selamat Datang di Laman Lentera Kehidupan

Selamat Datang di Laman Lentera Kehidupan

ANALISIS SWOT DALAM BERBISNIS

 



Oleh: Khairul Azan

“Dialah yang menjadikan untuk kamu Bumi yang mudah dijelajahi, maka jelajahilah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nyalah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.” (Al-Mulk: 15)

 SWOT manjadi faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan bisnis ke depannya. Analisis dilakukan sebelum memulai bisnis dan saat menjalani bisnis. SWOT adalah analisis untuk mengenali kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaktneses), peluang (Opportunities) dan ancaman (Threats). Adanya analisis SWOT strategi bisnis yang kita rancang akan lebih terarah.

Seorang pembisnis harus mampu mengenali faktor-faktor baik internal maupun eksternal. Faktor intenal dalam hal ini adalah kekuatan dan kelemahan yang ada. Kelemahan yang dimiliki akan bisa diminimalisir ketika kita mampu mengenali kekuatan, baik itu SDM, pembiayan atau lokasi yang strategis. Ketika kita mampu meminimalisir kelemahan dengan kekuatan maka munculllah peluang. Mampunya kita dalam merebut peluang-peluang yang ada maka akan terhindar dari ancaman. Ancaman berupa kalahnya kita dengan kompetitor lain.

Dalam menyusun strategi bisnis tentunya kita berpatokan pada pasar yang sedang berkembang. Strategi bisnis yang dirancang hendaknya menjawab kondisi saat ini dan jangka panjang. Namun perlu digaris bawahi, jangan terlalu latah. Terkadang melihat orang lain merintis binisnya yang memang sedang diminati di pasaran, maka kita juga tertarik merintis binis tersebut, bergitu juga dengan si A, si B, si C dan seterusnya. Tanpa disadari bisnis yang kita mulai pada awalnya hanya sedikit yang berdiri lama-lama akan menjamur. Jika ini terjadi maka bersiaplah untuk gulung tikar karena persaingan akan semakin ketat dan pasar akan semakin sempit.

Kondisi tersebut bisa diatasi dengan cara lakukan inovasi. Tentunya agar bisa berinovasi maka dasarnya adalah kembali kepada analisis SWOT seperti sebelumnya. Lakukan analisis SWOT, temukan kekuatan lain yang membuat bisnis yang dijalani berbeda dengan yang lain, sehingga pasar kita akan terbuka kembali. Teruslah berinovasi dan jangan berhenti, kekuatan bisnis itu terletak pada pasarnya dan kemampuan kita dalam berinovasi.

Jangan takut berbeda, justru dengan berbedalah kita akan mendapatkan peluang untuk terus eksis. Perbedaan yang kita tawarkan akan menjadi sesuatu yang langka dan dicari, sementara sesuatu yang sudah lazim dan biasa akan ditinggalkan pelanggan jika tidak mampu berinovasi. Pelanggan akan jenuh dan mencari yang lain yang mampu memberikan nilai tersendiri yang tidak diperoleh di tempat kita.

“Bisnis yang berhasil adalah bisnis yang mampu bertahan meski kompetitor semakin menjamur”

Sumber gambar: https://cpssoft.com/


No comments

Powered by Blogger.