Selamat Datang di Laman Lentera Kehidupan

Selamat Datang di Laman Lentera Kehidupan

MANAJEMEN KEUANGAN BISNIS

 


Oleh: Khairul Azan

 “dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros.” (Al-Isra ayat 26-27)

Bisnis akan berkembang ketika dimanaj. Diantara komponen yang perlu dimanaj adalah keuangan. Seringkali perusahaan terancam gulung tikar karena tidak mampu dalam memanaj keuangannnya.

Manajemen keuangan bisnis adalah segala aktivitas yang berkaitan dengan cara mendapatkan dan menggunakan modal yang ada untuk mencapai tujuan perusahaan. Ruang lingkup mendapatkan dan penggunaan modal meliputi perhitungan kebutuhan modal, investasi jangka pendek, menengah dan panjang serta membuat kebijakan finansial.

Adanya manajemen keuangan bisnis bertujuan agar profit perusahaan semakin meningkat sehingga keberlangsungan hidup perusahaan berjalan dengan lancar, optimalisasi pangsa pasar, menekan biaya modal, efektivitas dan efisiensi perusahaan.

Manajer keuangan dalam hal ini sebagai pihak yang secara langsung melakukan proses manajemen hendaknya mampu menjalankan beberapa fungsi yang melekat pada tugasnya, yaitu fungsi perencanaan, penganggaran, pengendalian, audit dan pelaporan.

Fungsi perencaan meliputi perencanaan laba rugi dan arus kas. Penganggaran meliputi penerimaan hingga pengalokasian dana yang ada secara efektif dan efisien. Adapun pengendalian meliput kegiatan pengevaluasian keuangan dan sistem keuangan. Sedangkan audit adalah kegiatan internel dalam memastikan keuangan perusahaan apakah sudah sesuai standar akuntansi yang berlaku atau belum. Adapun pelaporan adalah kegiatan menginformasikan kepada pimpinan tentang kondisi keuangan perusahaan.

Beberapa fungsi manajemen keuangan bisnis tersebut hendaknya dijalankan secara konsisten, akuntabel, transparan, terus berlanjut, dan integritas yang tinggi. Ketika beberapa prinsip tersebut dipatuhi, maka akan berdampak pada efektivitas dan efisiensi perusahaan dalam mencapai visi yang telah ditetapkan.

“Keberhasilan perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya bukan hanya karena seberapa banyak modal yang dimiliki, tapi seberapa baik pengelolaan (manajemen) yang dilakukan.”

Sumber gambar: amz.co.id

No comments

Powered by Blogger.