Selamat Datang di Laman Lentera Kehidupan

Selamat Datang di Laman Lentera Kehidupan

BERAWAL DARI HOBI

 


Oleh: Khairul Azan

 “Dan katakanlah, “Bekerjalah kamu, maka Allah akan melihat pekerjaanmu, begitu juga Rasul-Nya dan orang-orang mukmin, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu diberitahukan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.” (At-Taubah ayat 105)

Membangun bisnis besar tentunya tidak semerta-merta begitu saja, ada proses yang dilalui, ada lika-liku yang dirasakan dan ada tantangan yang perlu satu persatu diselesaikan.

Banyak cara orang memulai bisnis, namun apa pun itu mulailah bisnis Anda pada sesuatu yang disenangi atau saya mengatakan sebagai hobi.

Terkadang sebagian orang menganggap hobi adalah suatu pekerjaan sampingan untuk merenggangkan otak kanan. Hanya untuk mengisi waktu luang setelah lelah mengerjakan pekerjaan utama yang dianggap profesi. Namun pernahkah kita berpikir bahwa hobi akan menjadi suatu profesi yang menjanjikan, ya tentu saja.

Hobi bisa menjadi peluang bisnis jika sebagian dari Anda mampu berpikir terbalik dari orang pada umumnya. Tidak lazimnya pemikiran Anda dalam memaknai sesuatu disitulah akan munculnya peluang. Peluang hadir ketika Anda berbeda. Hobi akan melahirkan passion, dan passion akan membawa Anda pada budaya totalitas, dan totalitas akan menciptakan produktivitas.

Jika cara berpikir ini diaplikasikan, maka tak sedikit di luar sana orang sukses karena hobi. Diantaranya para konten kreator yang mampu memperkerjakan banyak orang karena hobinya. Selama ini mungkin kita menganggap itu hanya pekerjaan yang tidak memiliki manfaat, namun ketika mereka betul-betul fokus dan mencoba berbeda hasilnya terlihat nyata.

Bisnis yang dimulai dari hobi membuat rasa senang terhadap pekerjaan lebih tinggi, kreativitas muncul sehingga ide untuk mengembangkan binis tidak pernah habis. Melalui hobi juga membuat kita menghargai setiap kesempatan yang ada.

“Hobi jika ditekuni akan menjadi profesi. Hobi melahirkan ide-ide kreatif. Ide kreatif inilah yang mahal harganya dalam berbisnis.”

 Sumber gambar: rencanamu.id

No comments

Powered by Blogger.