Selamat Datang di Laman Lentera Kehidupan

Selamat Datang di Laman Lentera Kehidupan

EKSPANSI BISNIS

 


Oleh: Khairul Azan

 “Jika kamu merasa ujianmu sangat berat, itu artinya kamu adalah hamba Allah SWT yang kuat sehingga cobaan atau ujiannya pun berbeda. Justru dengan ujian tersebut, ketika kamu berhasil melewatinya, Allah SWT akan menaikkan derajatmu ke tempat yang lebih mulia.” (Al-Baqarah ayat 286)

Ada kata-kata bijak yang mengatakan kurang lebihnya seperti ini “jika ingin bersyukur atas nikmat yang Tuhan berikan, maka selalulah melihat ke bawah. Sebaliknya jika ingin sukses dan tetap semangat maka lihatlah ke atas.

Kutipan di atas memberikan makna jika dihubungkan dengan dunia bisnis, maka kata kuncinya adalah tetaplah semangat dalam setiap kondisi. Jika hari ini Anda gagal dalam merintis binis dan merasa terpuruk, maka jangan mengeluh dan bersedih, lihat di luar sana bergitu banyak orang yang gagal dalam bisnisnya namun mereka tetap melangkah dan semangat untuk terus mencoba. Karena mereka yakin peluang untuk sukses itu masih terbuka lebar.

Bisnis yang besar dimulai dari resiko yang besar. Tidak ada satu pun bisnis berkembang tanpa resiko. Sejauh mana Anda berani mengambil resiko dan siap bertanggungjawab itulah menjadi penentu keberhasilan dalam berbisnis.

Agar bisnis yang Anda kelola berkembang lebih besar lagi, maka beranilah untuk melakukan ekspansi meskipun dihadapkan dengan resiko-resiko baru nantinya. Ekspansi bisnis akan membuat pasar Anda semakin luas. Ini terjadi kerena Anda mampu menawarkan beragam produk kepada calon pelanggan. Beranilah untuk melakukan sesuatu yang baru. Jangan lekas puas untuk satu capain bisnis, namun buatlah trobosan baru untuk sesuatu yang berbeda. Rasa tidak puas dalam konteks bisnis bukan berarti anda adalah orang yang tidak bersyukur, tapi lebih pada aspek membangun motivasi untuk tantangan yang lebih besar.

Berani melakukan ekspansi akan memungkinkan Anda belajar lebih banyak lagi. Anda akan mendapatkan pengalaman baru yang belum didapatkan dari bisnis sebelumnya. Selain itu, tak kalah pentingnya adalah relasi baru. Anda akan berhubungan dengan orang-orang baru dengan beragam karakter dan prestasi.

“Jika hari ini Anda berhasil dalam satu bisnis, maka buatlah bisnis baru yang lebih menantang. Anda akan belajar banyak hal untuk sukses.”

Sumber gambar: Kompas.com

No comments

Powered by Blogger.