Selamat Datang di Laman Lentera Kehidupan

Selamat Datang di Laman Lentera Kehidupan

FOKUS

 


Oleh: Khairul Azan

 “Maka apabila engkau telah selesai (dari suatu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain), dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap.” (Asy-Syarh ayat 7-8)

 Apa pun pekerjaannya memerlukan tingkat fokus yang tinggi, tak terkecuali dalam mengelola bisnis. Tingkat fokus yang tinggi akan membuat setiap aktivitas dilakukan sepenuh hati. Anda akan terbiasa melakukan suatu pekerjaan dengan maksimal meskipun beragam agenda dan pekerjaan yang sedang direncanakan.

Untuk bisa fokus memang tidak mudah. Banyak bisnis yang gagal karena tidak fokus dalam menjalaninya. Tidak fokusnya Anda disebabkan ketidakseriusan dalam menjalankan bisnis. Tidak serius bisa jadi karena bisnis yang dijalankan hanya sebatas ikut-ikutan atau hanya sebatas menginginkan keuntungan yang besar dengan cara yang instan tanpa mahu berhadapan dengan resiko.

Paradigma proses harus melekat pada benak seorang pebisnis. Tidak ada yang instan, justru sebaliknya harus berproses. Orang yang memiliki paradigma ini memiliki cara pandang yang positif, selalu optimis akan bisnis yang dijalani pasti akan berkembang.

Jika hari ini anda kurang fokus dan tidak serius, yuk mulai singkirkan. Ubahlah menjadi sesuatu yang serius dan mulai fokus. Bayangkan berapa uang yang Anda kuburkan jika bisnis yang dirintis gagal. Berapa pekerja yang harus hilangkan penghasilannya jika bisnis Anda gagal. Berapa banyak waktu dan tenaga yang telah dikorbankan untuk sesuatu yang gagal.

Orang yang fokus memiliki rasa tanggung jawab lebih tinggi. Segala pekerjaan dikerjakan dengan tuntas. Segala target bisnis semaksimal mungkin perlu diraih. Jika tidak tercapai, maka solusi demi solusi terus dipikirkan agar membuahkan hasil. Berbeda dengan orang yang tidak fokus. Kemunduran dalam berbisnis dianggap sesuatu yang biasa-biasa saja tanpa dicarikan solusinya dan daya juang ketika terbentur dengan masalah sangat rendah, sehingga tak heran masalah yang seharusnya diselesaikan namun lebih memilih untuk menghindari.

“Mengembangkan bisnis adalah proses yang bertahap dan memerlukan fokus yang tinggi.”

 Sumber gambar: uangkerja.id

No comments

Powered by Blogger.