Selamat Datang di Laman Lentera Kehidupan

Selamat Datang di Laman Lentera Kehidupan

RORO DAN KEHIDUPAN

 


Oleh Khairul Azan


Setiap manusia pasti menginginkan kesuksesan dalam hidupnya. Cara manusia dalam menilai kesuksesan juga beragam.  Ada yang menilai seseorang itu sukses karena memiliki materi, karir yang bagus, jabatan yang tinggi, pendidikan yang tinggi dan lain sebagainya.

Tentu cara pandang di atas sah-sah saja. Karena pada prinsipnya setiap manusia memiliki perbedaan yang perlu kita hargai.

Berproses dalam menjalani hidup adalah bagian yang perlu disadari dalam meraih kesuksesan. Tidak ada yang instan, bahkan mi instan saja, jika ingin menikmatinya butuh proses merebus dan lain sebagainya, barulah bisa menikmati mi resbus tersebut dengan lahap.

Jalani dan nikmati setiap langkah demi langkah kaki yang kita ayunkan. Yakinlah langkah itu akan mengantarkan kita pada tujuan. Seperti kapal RORO yang saya tumpangi sore ini, begitu lambat namun pasti akan sampai ketika ia terus bergerak.

Hidup berproses akan menghargai setiap pengalaman yang dilalui. Karena ia sadar pengalaman tersebut adalah ilmu yang mengajarkannya tentang nilai sesuatu. Orang yang menghargai pengalaman ia akan kokoh berdiri meskipun terpaan angin yang begitu kencang. Ia akan kuat berlari meski duri bertaburan di jalan. Seperti kapal RORO yang membelah ombak ketika badai, karena pengalamannya ia tetap melaju dan berhasil mengantarkan penumpangnya sampai ke tujuan.

Bengkalis, 09 Desember 2023

No comments

Powered by Blogger.